Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Daftar Siaran TV Digital Indonesia 2022

Daftar Siaran TV Digital Indonesia 2022. Berbicara tentang tv digital pasti menjadi sesuatu yang familiar di telinga anda, sebagai salah satu media hiburan dan juga informasi utama televisi. Dengan adanya perkembangan teknologi saat ini juga, telah memberikan pengaruh kepada siaran tv.

Jika biasanya siaran televisi yang disaksikan banyak masyarakat adalah siaran televisi analog, maka saat ini telah berkembang menjadi siaran televisi digital. Pada tulisan ini kita akan mengetahui beberapa hal tentang siaran tv digital mulai dari pengertian, ciri-ciri, manfaat tv digital, hingga daftar tv digital Indonesia 2022.

Secara umum pengertian televisi digital merupakan suatu siaran tv yang menggunakan modulasi sinyal digital dan juga sistem kompresi dimana akan memberikan kualitas gambar yang lebih bersih serta suara atau audio yang lebih jernih. 

Siaran tv digital telah menggunakan teknologi yang cukup canggih dimana salah satu mekanisme kerjanya ketika sinyal yang ditangkap sedikit maka gambar tv tidak akan ditampilkan.

Sebagai informasi, pada awal kemunculannya sistem tv digital disiarkan dengan cara siaran bersama atau Simulcast dengan analog atau media yang digunakan sebagai transisi. 

Di Indonesia sendiri telah dilakukan proses penghentian siaran televisi analog dan semuanya dialihkan ke digital. Program dari Kementerian Komunikasi dan Informatika atau Kominfo ini akan direalisasikan selambat-lambatnya tanggal 2 November 2022.

Ciri-ciri TV yang Sudah Mendukung Siaran Digital Indonesia


Setelah anda mengetahui secara singkat pengertian dari siaran tv digital, maka selanjutnya anda perlu mengetahui bagaimana ciri-ciri dari siaran tv digital ini sendiri. Terutama sebagai konsumen dan penikmat hiburan dari televises ini menjadi salah satu hal yang penting bagi anda. 

Berikut beberapa ciri-ciri TV digital yang akan dapat menyiarkan siaran TV digital, yaitu:

1. Bukan TV Tabung


Ini adalah salah satu ciri kunci dari tv yang menangkap siaran digital, tv tidak berbentuk tabung karena pada umumnya teknologi saat ini tv digital berbentuk datar dan juga ramping, dengan menggunakan teknologi pada layar televisi yang disebut dengan liquid-crystal display atau LCD da nada juga light emitting diode atau LED.

2. Terdapat Fitur Pencarian Siaran TV Digital (DTV)


Perlu diketahui bahwa beberapa tv dengan layar yang tipis juga tidak terdapat fitur ini, padahal ini merupakan salah satu syarat penting dari tv digital agar dapat menangkap siaran tv digital. Biasanya tv LCD dan juga LED yang memiliki fitur pencarian yang memiliki set top box atau STB DVB-T2 yang merupakan alat tambahan agar dapat menyaksikan siaran TV digital.

Sebagai informasi, pada umumnya juga TV digital dilengkapi dengan fitur digital video broadcasting terrestrial second generation atau DVB-T2 dimana teknologi ini dibutuhkan untuk penerimaan sinyal sinyal digital dan memberi kemungkinan anda dapat menyaksikan siaran tanpa antena eksternal.

3. Gambar dan Audio yang Berkualitas


Selanjutnya yang menjadi bagian dari ciri tv digital yang dapat menangkap daftar siaran tv digital Indonesia 2022 adalah kualitas dari audio dan gambar. Biasanya kualitas gambar pada TV digital memiliki resolusi dengan HD atau high definition sampai dengan 4K. dan untuk audio sendiri biasanya dilengkapi oleh surround sound dan juga dolby audio sehingga menghasilkan suara yang jelas.

Manfaat dan Kelebihan Siaran TV Digital Indonesia


Setelah mengetahui beberapa ciri-ciri dari televisi digital yang dapat daftar siaran tv digital Indonesia 2022, maka selanjutnya yang perlu anda ketahui adalah manfaat tv digital yang dapat menangkap sinyal digital siaran tv. Berikut beberapa manfaat dan kelebihan tv digital yang perlu anda ketahui, yaitu:

1. Kekuatan Sinyal yang Lebih Stabil


Salah satu kelebihan dari tv digital adalah sinyal yang lebih stabil, jika pada sebelumnya untuk tv analog memperhitungkan jarak antara lokasi pemancar televisi sehingga menghasilkan kualitas sinyal yang kurang stabil yang mengakibatkan gambar kurang jelas dan suara yang biasa terputus-putus. 

Dengan tv analog berbeda dengan tv digital, selalu memberikan hasil gambar dan suara baik dan jika sinyal tidak stabil maka tv digital tidak akan menampilkan siaran.

2. Tidak Memerlukan Biaya Berlangganan


Ini menjadi salah satu manfaat dari siaran tv digital, anggapan masyarakat yang mengatakan bahwa siaran tv digital berbayar adalah salah. Karena siaran tv digital ini gratis, berarti anda tidak perlu membeli antenna baru.

Namun anda hanya perlu membeli perangkat pendukungnya yaitu set top box (STB), fungsi dari STB sendiri adalah sebagai media transfer sinyal digital suara dan juga gambar pada tv.

3. Mendapat Kualitas Suara dan Gambar yang Lebih Baik dari TV Analog


TV digital membelikan manfaat dan kelebihan gambar dan suara yang lebih baik dari tv analog. Hal ini dikarenakan layar televisi yang disebut dengan liquid-crystal display atau LCD dan ada juga light emitting diode atau LED yang menggunakan kualitas HD atau high definition.

4. Terdapat Banyak Pilihan Saluran TV


Salah satu manfaat dan juga kelebihan dari tv digital adalah dimana terdapat banyak pilihan saluran tv dibanding dengan tv monolog. Namun anda juga harus memastikan daftar siaran karena juga tergantung dengan wilayah yang anda tempati. Anda dapat mengecek ketersediaan daftar siaran tv digital Indonesia 2022 dari aplikasi kominfo.

5. Jadwal Siaran TV Digital Dapat Dilihat


Kelebihan dari siaran tv digital selanjutnya adalah dapat melihat jadwal siaran karena adanya electronic program guide (EPG) atau jadwal siaran yang muncul pada tv kabel dan juga layanan streaming. Fitur ini bisa dilihat secara gratis oleh pengguna tv digital termasuk dengan dalam sebagian besar tv nasional juga memiliki fitur EPG ini.

Daftar Siaran TV Digital Indonesia 2022


Setelah mengetahui pengertian, ciri-ciri, hingga manfaat dan kelebihan tv digital maka kita akan membahas daftar siaran tv digital Indonesia 2022 yang bisa anda nikmati sebagai pengguna tv digital. Daftar siaran tv digital Indonesia 2022 diantaranya adalah sebagai berikut:
  • RCTI yang merupakan stasiun televisi swasta nasional milik Media Nusantara Citra, dengan frekuensi 4034 Mhz H 16600.
  • ANTV yang merupakan salah satu stasiun televisi swasta nasional juga milik PT Cakrawala Andalas Televisi, dengan frekuensi 3850 Mhz H 6000.
  • Trans 7 dengan frekuensi siaran yaitu SD 3906 H 6249, frekuensi HD 3888 H 9599/9600
  • Trans TV dengan frekuensi 3888 H 9600
  • TV One dengan frekuensi SD 4174 Mhz, frekuensi HD 3720 Mhz, H 6000:32727
  • Global tv dengan frekuensi 4034 Mhz, H 16600
  • Inews tv dengan frekuensi 4034 Mhz, H 16600
  • Indosiar dengan frekuensi 4005 Mhz, H 9000
  • Kompas tv dengan frekuensi SD 3720 Mhz, HD 4104 Mhz H 32727:1000

Itulah beberapa daftar siaran tv digital Indonesia 2022, beberapa tv nasional di atas menjadi salah satu pilihan daftar televisi nasional utama yang bisa anda dapatkan ketika menggunakan tv digital.

Lihat juga:
Tengku Khamzah Fauzi
Tengku Khamzah Fauzi I'm passionate about Tech, Electronics, How-to-Guides, and I'm thrilled to have you here.
Gabung Forum Teknisi Indonesia Sekarang! Klik Tombol "Gabung" untuk saling berbagi pengalaman dengan Teknisi Indonesia.