Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

7 Cara Mengatasi Set top Box Tidak Berfungsi Paling Mudah

Set top Box Tidak Berfungsi. Saat ini set top box menjadi alat yang dibutuhkan karena bisa membuat TV LED atau tabung yang belum mendukung sinyal digital bisa mendapatkan siaran TV digital secara gratis. Selain itu, set top box juga bisa digunakan untuk menonton youtube, bermain game layaknya di smartphone.

Tetapi ada masalah yang seringkali membuat set top box error dan tidak berfungsi dengan semestinya, bahkan tidak bisa bekerja sama sekali. Lalu kenapa set top box tidak berfungsi? Ada beberapa hal yang bisa jadi penyebab kenapa set top box rusak, berikut solusi yang bisa Anda coba untuk mengatasi masalah ini:

Kenapa Set top Box Tidak Berfungsi? Berikut Penyebab dan Solusinya



set top box tidak berfungsi

1. Periksa Koneksi Internet


Kebanyakan pengguna set top box mengeluhkan masalah stb yang tidak bisa digunakan untuk menjalankan aplikasi online seperti youtube, netflix atau browser, padahal sudah terhubung internet. Masalah ini disebabkan oleh beberapa hal, diantaranya seperti jarak router terlalu jauh atau sedang ada gangguan pada provider internet yang digunakan.

Jadi tidak ada salahnya untuk mengecek kecepatan koneksi internet dirumah Anda. Untuk mengeceknya bisa menggunakan aplikasi Speedtest diponsel. Jika ternyata kecepatan internet lambat, Anda bisa mencoba untuk reconnect wifi di set top box.

Disisi lain, internet yang tidak berfungsi di set top box juga bisa jadi disebabkan karena dongle wifi tidak tersambung dengan benar atau mungkin sudah rusak. Umumnya merk set top box populer seperti Matrix Apple, Luby, Evercoss, Advance STP A01 perlu menggunakan dongle wifi agar bisa terkoneksi ke internet.

Pastikan Anda memasang dongle wifi dengan benar pada port USB dibelakang stb. Jika dongle wifi sudah terpasang dengan benar, seharusnya stb sudah bisa memindai jaringan wifi terdekat dan Anda hanya perlu menghubungkannya saja.

2. Gunakan Tombol Power Fisik


Selain menggunakan remot, Anda juga bisa menyalakan set top box dengan tombol power fisik yang biasanya ada dibagian depan stb. Semua merk set top box seharusnya sudah memiliki tombol power fisik ini yang berguna untuk menyalakan set top box jika remotnya tidak berfungsi. Bisa jadi set top box yang tidak berfungsi disebabkan karena remot yang rusak.

3. Remote Set top Box Tidak Berfungsi


Kenapa set top box tidak menyala? Jangan langsung mengira bahwa set top box yang rusak, ini bisa jadi karena remot stb tidak berfungsi sehingga Anda tidak bisa menyalakan stb menggunakan remot. Jadi metode kedua bisa dicoba untuk memastikan apakah remot stb berfungsi atau tidak.

Jika ternyata masalahnya ada pada remot, maka hal perlu Anda lakukan adalah memasang ulang baterai remot stb, terkadang baterai longgar ketika remot stb jatuh atau terbentur. Namun jika remot belum berfungsi juga, disarankan untuk mengganti baterainya dengan yang baru.

4. Periksa Sumber Daya Set top Box


Jangan panik jika set top box tidak menyala, karena ada tips lain yang bisa Anda coba agar set top box bisa berfungsi kembali. Salah satunya adalah memeriksa sumber daya dari set top box tersebut.

Pertama Anda bisa mencoba soft reset dengan cara menahan tombol power stb kurang lebih 15 detik hingga stb menyala. Jika metode soft reset ini gagal, maka Anda bisa mencabut kabel power set top box beberapa detik dan kemudian colokan lagi.

Selain itu pastikan kabel power stb sudah terhubung dengan benar ke stop kontak listrik. Cobalah untuk mencolokan kabel stb ke stop kontak lain. Selain itu, jika kabel power stb bisa dilepas, Anda bisa mencoba menggunakan kabel lain untuk memastikan apakah kabel set top box masih bagus atau sudah rusak.

5. Restart Set top Box


Terkadang Anda perlu memulai ulang set top box jika terjadi malfungsi pada sistem operasinya, seperti aplikasi yang tidak bisa dibuka, set top box tidak bisa terhubung ke internet, sering hang atau macet dan tidak bisa memindai siaran TV digital bisa coba diatasi dengan cara memulai ulang stb.

Bagaimana caranya? Anda hanya perlu mencabut kabel power set top box sekitar 30 detik kemudian colokan lagi kabelnya sampai stb menyala. Selain untuk mengatasi malfungsi, merestart stb juga sangat dirasankan untuk mengatasi set top box yang lemot.

6. Update Software Set top Box


Selain metode diatas, Anda juga bisa mengatasi set top box tidak berfungsi dengan cara update software ke versi terbaru. Biasanya akan ada notifikasi jika sudah tersedia software versi terbaru, atau Anda bisa mengeceknya melalui menu pengaturan stb, tepatnya pada bagian [Pembaruan Software].

Selain untuk mengatasi masalah pada set top box yang tidak berfungsi, Anda juga bisa mendapatkan beberapa hal baru pada stb, baik itu tampilan yang berbeda, fitur yang bertambah atau peningkatan sistem lainnya setelah update software selesai. Pastikan stb terhubung ke internet sebelum mengunduh pembaruan software.

7. Reset Set top Box ke Pengaturan Pabrik


Metode yang biasanya ampuh untuk mengatasi set top box tidak berfungsi adalah mereset set top box ke pengaturan pabrik. Alasannya karena set top box yang sudah lama digunakan akan menyimpan banyak data sehingga tidak menutup kemungkinan terjadi malfungsi pada sistem set top box.

Mereset ke pengaturan pabrik berarti akan mengembalikan semua pengaturan set top box Anda menjadi semula seperti pertama kali digunakan, selain itu semua file yang tersimpan di set top box juga akan terhapus. Jadi disarankan untuk mencadangkan data pada set top box sebelum meresetnya.

Setiap merk set top box memiliki cara berbeda untuk mengakses menu pengaturan pabrik, tetapi umumnya menu ini ada pada bagian [Pengaturan], jadi Anda bisa mencari opsi factory reset pada menu pengaturan di set top box.

Jangan panik jika setelah reset ulang set top box lama menyala atau stuck dilogo, karena biasanya set top box membutuhkan cukup banyak waktu untuk memulai ulang sistem operasinya setelah direset ke pengaturan pabrik.

Demikian artikel mengenai 7 cara mengatasi set top box tidak berfungsi yang bisa Anda praktekan untuk semua merk set top box. Metode-metode diatas bisa dicoba untuk mengatasi set top box tidak ada sinyal, tidak bisa internet, mati total, tidak dapat siaran TV digital dan masalah lainnya.

Lihat juga:
Gabung Forum Teknisi Indonesia Sekarang! Klik Tombol "Gabung" untuk saling berbagi pengalaman dengan Teknisi Indonesia.

4 komentar untuk "7 Cara Mengatasi Set top Box Tidak Berfungsi Paling Mudah"

  1. Stb luby nyala normal ttpi tidak konek k ke tv

    BalasHapus
    Balasan
    1. Biasanya karena kabel RCA/HDMI rusak, coba pakai kabel lain. Jangan lupa juga ubah source TV menjadi AV/HDMI sesuai kabel yang digunakan.

      Hapus
  2. Stb ada bacaan boot kenapa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau stuck ditulisan Boot, coba cabut dan pasang kembali kabel power set top box.

      Hapus

close