Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mencari Siaran ANTV yang Hilang di Set top Box

ANTV adalah salah satu siaran favorit yang sudah migrasi dari analog ke TV digital. Tetapi muncul masalah baru dimana channel ANTV tiba-tiba hilang di TV digital DVB-T2 padahal sebelumnya sudah tersimpan. Anda bisa mencoba cara mencari siaran ANTV yang hilang di set top box berikut ini.

Kebanyakan merk set top box DVB-T2 sekarang memiliki kemampuan untuk memindai siaran TV digital tergantung dengan lokasi masing-masing. Setiap lokasi yang ada di Indonesia memiliki jangkauan sinyal TV digital yang berbeda-beda.

Oleh karena itu, terkadang set top box yang tidak ada siaran ANTV hanya dialami oleh pengguna diwilayah tertentu saja. Pada artikel kali ini, kami akan membahas penyebab dan cara mencari siaran ANTV yang hilang di set top box DVB-T2 berbagai merk:

Penyebab Siaran ANTV Hilang di TV Digital


cara mencari siaran antv yang hilang di set top box

Kenapa siaran ANTV bisa tiba-tiba hilang? alasan utamanya karena lokasi Anda jauh dari pemancar sinyal, sehingga antena tidak bisa menangkap sinyal digital secara maksimal. Selain itu, kualitas dan model antena juga sangat berpengaruh dengan banyaknya siaran yang didapatkan.

Bagi pengguna set top box, disarankan untuk menggunakan antena outdoor dengan posisi yang tinggi. Alasannya karena antena outdoor memiliki kemampuan menangkap sinyal frekuensi yang lebih baik dibandingkan antena indoor.

Selain itu, Anda juga harus menyesuaikan arah antena dengan benar, pastikan posisi antena mengarah ke pemancar sinyal terdekat dari lokasi Anda atau agar lebih praktis, ikuti arah antena tetangga yang mendapatkan banyak siaran TV digital.

Cara Mencari Siaran ANTV yang Hilang di Set top Box



Dibawah ini ada 5 cara mudah untuk mengembalikan channel TV digital ANTV yang hilang di set top box:

1. Pindai Ulang Siaran Digital


Cara paling ampuh untuk mengembalikan channel ANTV yang hilang adalah dengan memindai siaran ulang di set top box Anda. Setiap model set top box memiliki cara yang berbeda untuk melakukan pemindaian ulang siaran TV.

Tetapi umumnya opsi ini ada pada menu [Pengaturan] tepatnya pada bagian Program. Sebagai contoh, kami menggunakan set top box Matrix Apple HD untuk memindai ulang siaran ANTV di TV digital. Berikut tutorial lengkapnya:
  • Hubungkan STB ke TV.
  • Colokkan antena ke STB.
  • Nyalakan set top box dan TV Anda.
  • Tekan tombol [Menu] pada remote STB lalu pilih [Search].
  • Pada bagian Search Mode pilih [DVB-T2], Search Type [All], Country/Region [Indonesia], Antena Power [On].
  • Setelah itu pilih [Auto Search] lalu tekan [OK] diremote STB.
  • Tunggu proses pemindaian ulang siaran TV digital sampai selesai.

2. Pakai Antena Outdoor


Kebanyakan kasus channel TV digital yang sering hilang dialami oleh pengguna antena indoor. Antena indoor memang praktis, tetapi jangkauan sinyalnya kurang bagus, ditambah dengan banyaknya penghalang dalam ruangan, seperti tembok atau benda lainnya yang menyebabkan jangkauan antena semakin lemah.

Berbeda dengan antena outdoor yang memiliki jangkauan sinyal lebih luas dan minim dari segala penghalang frekuensi. Jadi, jika Anda masih menggunakan antena indoor, segera ganti dengan antena outdoor.

3. Atur Arah Antena dengan Benar


Menggunakan antena outdoor saja belum cukup, agar hasilnya lebih maksimal Anda harus mengatur posisi antena dengan tepat sesuai arah pemancar sinyal terdekat di lokasi Anda. Untuk membantu menemukan arah pemancar sinyal, Anda bisa mengunduh aplikasi SinyalTV Digital di playstore.

Selain mengatur arah antena, disarankan juga untuk meletakan antena outdoor lebih tinggi agar frekuensi sinyal TV digital yang didapatkan bisa lebih maksimal, sehingga kemungkinan besar siaran ANTV yang hilang di set top box Anda bisa kembali lagi.

4. Upgrade Software Set top Box


Setiap set top box memiliki versi software yang berbeda-beda, software yang sudah lama tidak diupdate mungkin bisa menjadi penyebab kenapa siaran ANTV hilang di set top box Anda. Berikut kami sediakan firmware gratis untuk model set top box ini:

5. Reset Ulang Set top Box


Hilangnya siaran ANTV di TV digital bisa jadi disebabkan karena malfungsi pada sistem set top box Anda, hal ini ditandai dengan seringnya channel TV hilang ataupun aplikasi set top box yang tidak berfungsi dengan baik.

Mereset ulang berarti mengembalikan semua pengaturan set top box seperti awal lagi. Jadi Anda harus mengatur ulang bahasa, kode pos dan opsi lainnya seperti pertama kali menghidupkan set top box.

Itulah 5 cara mencari siaran ANTV yang hilang di set top box TV digital. Kesimpulannya, langkah pertama yang perlu dilakukan untuk mengatasi masalah ini adalah dengan memindai ulang siaran set top box dan pastikan kualitas antena bagus serta posisinya sudah tepat.

Lihat juga:
Tengku Khamzah Fauzi
Tengku Khamzah Fauzi I'm passionate about Tech, Electronics, How-to-Guides, and I'm thrilled to have you here.
Gabung Forum Teknisi Indonesia Sekarang! Klik Tombol "Gabung" untuk saling berbagi pengalaman dengan Teknisi Indonesia.