Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Menyambung Kabel Antena TV yang Benar dan Mudah

Cara menyambung kabel antena TV yang benar terbilang cukup sulit untuk dilakukan, karena untuk memasang kabel diperlukan ketelitian dan keahlian khusus agar output dari gambar yang dikeluarkan oleh TV dapat tertampil dengan bagus dan maksimal. Lalu bagaimana cara menyambungnya? Simak artikel berikut ini.

Ketika menyambung dan memasang kabel antena TV Anda harus melakukannya dengan penuh kejelian, karena jika Anda salah menyambungnya akan mengakibatkan kualitas yang dihasilkan tidak jernih gambarnya. Ada berbagai tips mudah yang dapat Anda lakukan untuk menyambung kabel antena TV, antara lain:

Cara Menyambung Kabel Antena TV yang Benar



cara menyambung kabel antena tv

1. Siapkan Alat untuk Menyambung Kabel Antena


Menyiapkan peralatan yang dibutuhkan untuk menyambung kabel antena TV adalah hal yang penting karena hal ini akan mempengaruhi kinerja yang Anda lakukan.

Peralatan yang dibutuhkan antara lain cutter,gunting, yang, dan isolasi. Selain itu Anda juga dapat menyiapkan aluminium foil yang memiliki kualitas dan ketahanan yang bagus jika digunakan untuk menyambung kabel.

BACA JUGA: Cara Mencari Channel TV yang Hilang

2. Kupas Kabel Luar Antena


Untuk mengupas bagian kabel Anda dapat memulai dibagian luarnya terlebih dahulu,tapi pastikan Anda tidak memotong serabut yang ada pada kabel karena hal ini akan mempengaruhi fungsi dari kabel itu sendiri.

3. Kupas Kabel Inti Antena


Jika bagian terluar kabel telah terkelupas,maka selanjutnya Anda dapat mengupas bagian inti kabel. Langkahnya cukup mudah Anda hanya perlu mengarahkan serat yang ada ke bagian dalam, sehingga Anda dapat dengan mudah mengupas bagian kabel inti

BACA JUGA: Antena TV Digital Terbaik untuk Daerah Terpencil

4. Sambungkan Kabel Antena TV dengan Kuat


Langkah ini dapat Anda lakukan jika Anda telah selesai mengelupas bagian kabel. Maka Anda dapat menyambungnya dengan kuat, tipsnya Anda hanya perlu melakukan putiran pada bagian kabel yang ada dengan cara memuntirnya dalam beberapa putaran sampai kabel tersebut benar-benar kuat.

Untuk melakukan puntiran Anda dapat menggunakan tang pastikan Anda tidak menggunakan tangan,karena hal ini akan melukai tangan Anda.

5. Isolasi Sambungan Kabel


Untuk menutup sambungan Anda hanya perlu mengisolasi bagian sambungan yang telah terpotong dan sudah disambungkan menjadi satu bagian yang utuh.

BACA JUGA: Penyebab Kenapa Set top Box Tidak ada Sinyal

6. Tutup Bagian Kabel Menggunakan Aluminium Foil


Aluminium foil termasuk jenis bahan yang bagus dan cocok untuk menyambung kabel antena TV, karena ketahanan dan kualitasnya yang bagus membuat aluminium jenis foil ini dijadikan pilihan utama untuk proses finishing penyambungan kabel.

Cara Memasang Kabel Antena TV Pararel dengan Konektor


Konektor antena TV berfungsi untuk memasang antena TV secara pararel, jadi Anda bisa menggunakan satu antena untuk beberapa TV. Berikut tutorial lengkapnya:

1. Menentukan Lokasi Pemasangan


Sebelum memasang antena TV paralel, perlu menentukan lokasi pemasangan yang tepat. Pilih lokasi yang tinggi dan terbuka agar sinyal TV bisa diterima dengan baik.

2. Menyiapkan Bahan dan Alat yang Diperlukan


Untuk memasang kabel antena TV paralel, persiapkan bahan dan alat yang diperlukan seperti kabel antena, konektor antena, pemotong kabel, obeng, dan sebagainya.


3. Mengukur Panjang Kabel Antena


Setelah menentukan lokasi dan mempersiapkan alat yang diperlukan, langkah berikutnya adalah mengukur panjang kabel antena yang diperlukan agar dapat dipasang dengan sempurna.

4. Memotong Kabel Antena dan Memasang Konektor


Setelah mengetahui panjang kabel yang dibutuhkan, potong kabel antena sesuai dengan ukuran yang diinginkan. Setelah itu, pasang konektor antena pada kedua ujung kabel antena untuk menghubungkannya ke TV.

5. Menghubungkan Kabel Antena ke TV


Terakhir, sambungkan kabel antena yang sudah terpasang dengan TV. Pastikan kabel terhubung dengan baik dan kuat pada port antena TV. Kemudian, lakukan scanning saluran untuk mencari saluran yang tersedia.

Jadi setiap kali mengubah posisi antena, sangat disarankan untuk melakukan scan ulang TV digital dengan harapan bisa mendapatkan lebih banyak saluran TV digital dengan sinyal yang lebih stabil, sehingga tidak ada masalah gambar patah-patah ketika menonton TV.

Selain tips tersebut ada berbagai manfaat yang dapat Anda rasakan jika menyambung kabel antena TV antara lain gambar siaran yang ada pada TV Anda akan terlihat lebih jernih dan jelas gambarnya sehingga akan membuat Anda lebih fokus.

Fungsi dari adanya kabel antena antara lain mampu digunakan sebagai alat yang digunakan untuk mengubah sinyal. Sehingga peran antena sangat penting untuk menunjang kualitas gambar yang ada. 

Namun biasanya TV yang sudah digital itu tidak memiliki sinyal hal ini diakibatkan karena kualitas dari antena yang ada itu kurang bagus. Maka dari hal tersebut Anda harus waspada ketika memilih jenis antena yang akan Anda gunakan.

Kesimpulannya, cara menyambung kabel antena TV dengan atau tanpa konektor harus dilakukan secara teliti, karena jika terjadi kesalahan ketika memasang kabel antena TV maka set top box atau televisi Anda tidak akan bisa mendapatkan siaran TV digital secara maksimal.
Tengku Khamzah Fauzi
Tengku Khamzah Fauzi I'm passionate about Tech, Electronics, How-to-Guides, and I'm thrilled to have you here.
Gabung Forum Teknisi Indonesia Sekarang! Klik Tombol "Gabung" untuk saling berbagi pengalaman dengan Teknisi Indonesia.