Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengembalikan Indosiar dan SCTV Hilang di TV Digital

Perpindahan siaran analog ke TV digital sudah mulai rampung pada beberapa wilayah di Indonesia. Tetapi timbul masalah baru dimana siaran Indosiar dan SCTV hilang di TV digital, padahal kedua siaran ini termasuk favorit banyak orang dan menjadi channel wajib bagi beberapa orang pada TV digital mereka.

Masalah siaran TV digital hilang paling sering dialami oleh pengguna set top box di beberapa daerah, penyebab utamanya dikarenakan frekuensi Indosiar dan SCTV yang mungkin berubah, sehingga Anda perlu melakukan beberapa langkah berikut ini untuk mengembalikan siaran Indosiar dan SCTV hilang di TV digital:

Cara Mengembalikan Siaran Indosiar dan SCTV Hilang di TV Digital




1. Memindai Ulang Channel


Cara paling praktis jika tidak ingin ribet mengubah ke frekuensi terbaru adalah memindai ulang siaran pada set top box atau TV digital Anda. Secara otomatis, perangkat Anda akan mendapatkan frekuensi terbaru dari berbagai channel TV digital jika melakukan metode ini.

Selain untuk mengatasi channel Indosiar dan SCTV tidak ada sinyal, memindai ulang siaran juga bisa menjadi cara untuk mengatasi channel TV digital sedikit, karena dengan melakukan pemindaian ulang, biasanya STB atau TV digital Anda akan mendapatkan siaran digital baru yang sebelumnya tidak tertangkap.

2. Gunakan Antena TV Digital Outdoor


Selain adanya perubahan frekuensi, channel Indosiar dan SCTV tidak ada di TV digital bisa dikarenakan oleh kualitas antena yang kurang baik. Untuk pengguna set top box, disarankan menggunakan antena outdoor karena jangkauannya lebih luas dibandingkan antena indoor.

Ada banyak model dan merk antena outdoor yang bisa ditemukan di marketplace, setiap model dan harga yang berbeda tentunya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Jika bingung, Anda bisa membaca artikel ini > Rekomendasi Antena TV Digital Terbaik.

3. Perhatikan Posisi Antena


Menggunakan antena outdoor saja tidak cukup, hilangnya channel Indosiar dan SCTV di TV digital bisa jadi karena posisi antena yang kurang tepat yang menyebabkan penerimaan sinyal digital tidak maksimal, sehingga ada beberapa channel TV yang hilang atau tidak terpindai.

Usahakan untuk menempatkan antena pada posisi yang tinggi dan atur arahnya ke pemancar sinyal terdekat di daerah Anda atau ikuti arah antena orang lain yang mendapatkan banyak siaran TV digital. Selain itu, Anda bisa menggunakan aplikasi SinyalTV Digital untuk mengetahui posisi pemancar sinyal terdekat.

4. Reset Ulang Set top Box


Terkadang, channel SCTV dan Indosiar hilang disebabkan karena ada malfungsi sistem pada set top box Anda, sehingga tidak bisa maksimal untuk menangkap sinyal digital. Jika sudah mengikuti cara diatas namun tidak berhasil, cobalah untuk reset ulang set top box.

Mereset ulang set top box adalah langkah yang efektif untuk mengatasi STB error tidak berfungsi, tidak ada sinyal ataupun tidak bisa menangkap siaran TV digital tertentu. Setiap merk dan model set top box memiliki cara reset yang berbeda, tetapi umumnya opsi ini ada pada menu [Pengaturan].

Cara Mencari Channel Indosiar dan SCTV Tidak Ada di TV Digital


Setelah memahami poin-poin diatas, Anda bisa mencoba kembali untuk mencari siaran Indosiar dan SCTV yang hilang di TV digital. Sebagai contoh, pada tutorial dibawah ini kami menggunakan set top box Tanak T2 Sniper untuk memindai ulang siaran TV digital:
  • Nyalakan TV dan STB.
  • Tekan tombol [Menu] pada remote STB.
  • Arahkan ke opsi [Pencarian] menggunakan tombol navigasi diremot STB.
  • Setelah itu, isi kode pos dan lokasi dengan benar.
  • Lanjut pilih [Pencarian Otomatis] lalu tekan tombol [OK] diremot STB.
  • Tunggu proses pemindaian channel TV digital sampai selesai.

Catatan: Banyaknya channel yang didapatkan tergantung dengan wilayah masing-masing. Daerah yang jauh dari perkotaan mungkin akan kesulitan menjangkau sinyal digital sehingga kemungkinan banyak siaran TV yang tidak tertangkap.

Itulah 4 cara mengembalikan siaran Indosiar dan SCTV hilang di TV digital. Kesimpulannya, jika Anda mengalami masalah ini, langkah pertama yang harus dilakukan adalah memindai ulang siaran TV digital. Semoga bermanfaat.

Lihat juga:
Gabung Forum Teknisi Indonesia Sekarang! Klik Tombol "Gabung" untuk saling berbagi pengalaman dengan Teknisi Indonesia.

Posting Komentar untuk "Cara Mengembalikan Indosiar dan SCTV Hilang di TV Digital"


close