Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Penyebab Kenapa Channel TV Digital Sedikit dan Solusinya

Pindahnya siaran analog ke TV digital membuat banyak orang berbondong-bondong membeli perangkat set top box agar bisa tetap menonton siaran TV favorit. Tetapi, muncul masalah baru dimana channel TV digital sedikit walaupun sudah membeli set top box baru.

Ada banyak alasan kenapa channel TV digital tidak muncul semua atau tidak lengkap. Penyebab utamanya adalah karena lokasi yang belum sepenuhnya dijangkau oleh sinyal digital, mengingat bahwa migrasi sinyal analog ke TV digital ini belum sepenuhnya rampung.

Solusi Kenapa Channel TV Digital Sedikit Tidak Muncul Semua



kenapa channel tv digital sedikit

1. Lokasi Jauh Dari Pemancar Sinyal


Apakah Anda tinggal didesa? Jika iya, kemungkinan kenapa channel TV digital sedikit adalah karena lokasi Anda belum dijangkau sepenuhnya oleh sinyal TV digital, sehingga hanya sedikit siaran saja yang bisa tertangkap oleh TV atau perangkat STB Anda.

Saat ini hanya sebagian kota besar saja yang benar-benar sudah rampung migrasi analog ke TV digitalnya, termasuk diantaranya adalah Jabodetabek: Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi. Solusi yang mungkin bisa Anda coba untuk mengatasi ini adalah:

2. Gunakan Antena Luar


Jika memang sinyal TV digital masih sulit didaerah Anda, salah satu cara untuk mengatasinya adalah menggunakan antena luar berkualitas dengan jangkauan yang luas. Perangkat set top box atau TV digital memang disarankan untuk menggunakan antena luar, bukan antena dalam.

Alasannya karena antena dalam memiliki frekuensi yang lebih rendah dibandingkan antena luar. Selain itu, dengan menggunakan antena luar, kemungkinan besar channel TV digital yang ditangkap bisa lebih banyak lagi.

Sebelumnya, kami sudah merekomendasikan beberapa merk antena TV terbaik yang bisa dicoba agar set top box Anda bisa menangkap siaran TV digital secara maksimal. Simak artikelnya disini > Antena TV Digital Terbaik untuk Daerah Terpencil.

3. Atur Posisi Antena dengan Benar


Posisi antena yang tepat sangat berpengaruh dengan sinyal TV digital yang ditangkap. Biasanya, semakin tinggi posisi antena maka akan semakin kuat frekuensi yang diterima, karena terhindar dari berbagai halangan seperti pohon dan tembok.

Selain meninggikan posisi antena, Anda juga harus mengetahui arah yang paling akurat ke pemancar sinyal terdekat. Cobalah ikuti arah antena tetangga yang mendapatkan banak channel TV digital, selain itu Anda juga bisa cek dimana posisi pemancar sinyal digital terdekat dengan cara ini:

4. Install Aplikasi SinyalTVdigital


Sudah cukup lama ada aplikasi yang berfungsi untuk memeriksa posisi pemancar sinyal TV digital terdekat diberbagai lokasi, ini bisa membantu Anda untuk memecahkan masalah kenapa channel TV digital sedikit.

Aplikasi ini tersedia gratis di Google Play Store dan bisa memudahkan Anda untuk mengatur arah antena setelah mengetahui dimana posisi pemancar sinyal terdekat. Download aplikasi SinyalTVdigital disini.

5. Scan Ulang Siaran TV Digital


Terkadang masalah set top box tidak ada sinyal bisa diatasi dengan memindai ulang siaran TV digital. Hal ini kemungkinan disebabkan karena sistem set top box yang error sehingga pada saat itu tidak ada satupun channel TV digital yang ditangkap.

Jika Anda mengalami channel TV digital tidak muncul semua, cobalah untuk memindai ulang siaran TV digital sambil memastikan bahwa semua pengaturan set top box sudah benar. Berikut beberapa cara setting STB yang benar dari berbagai merk:

Kesimpulan


Jadi, penyebab utama kenapa channel TV digital sedikit adalah wilayah yang jauh dari pemancar sinyal, sehingga siaran TV digital tidak bisa ditangkap secara maksimal. Tetapi jika Anda tinggal di kota besar, solusi yang bisa dicoba untuk mengatasi masalah ini adalah dengan scan ulang siaran TV digital.
Tengku Khamzah Fauzi
Tengku Khamzah Fauzi I'm passionate about Tech, Electronics, How-to-Guides, and I'm thrilled to have you here.
Gabung Forum Teknisi Indonesia Sekarang! Klik Tombol "Gabung" untuk saling berbagi pengalaman dengan Teknisi Indonesia.