Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengatasi Set top Box Tidak Bisa Mencari Channel TV Digital

Penggunaan set top box semakin meningkat semenjak siaran analog dimatikan, hal ini karena masih banyak masyarakat indonesia yang belum mempunyai TV digital sehingga perlu membeli STB. Tetapi kenapa set top box tidak bisa mencari channel? Ini adalah kasus baru yang banyak dikeluhkan orang-orang.

Padahal harapan mereka membeli set top box adalah agar tetap bisa menonton channel TV favorit dengan kualitas gambar yang lebih jernih. Masalah set top box tidak bisa mencari siaran TV digital baru-baru ini sering dikeluhkan karena belum ada penyebab pasti kenapa set top box tidak bisa mendapatkan channel TV.

Perlu diketahui, setiap model set top box DVB-T2 memiliki kemampuan yang berbeda dalam menangkap sinyal digital, tetapi ini bukanlah satu-satunya faktor penyebab kenapa set top box tidak bisa mencari channel. Pada ulasan kali ini, kami akan memberikan beberapa cara agar STB Anda bisa mendapatkan channel TV digital:

Cara Mengatasi Set top Box Tidak Bisa Mencari Channel TV Digital



kenapa set top box tidak bisa mencari channel

1. Colokan Kabel Antena ke STB


Pengguna baru yang sama sekali belum paham mengenai cara setting STB mungkin tidak menyadari bahwa mereka belum mencolokkan jack antena ke set top box. Ini adalah langkah paling penting agar set top box bisa menerima sinyal TV digital.

Umumnya hampir semua merk set top box dilengkapi dengan port antena [Ant-in] dibagian belakangnya. Anda hanya perlu mencolokkan jack antena ke port tersebut sebelum mulai mengatur set top box.

2. Periksa Kabel Antena


Kami pernah menangani kasus dimana semua siaran TV digital tiba-tiba hilang, padahal sebelumnya normal. Setelah ditelusuri, ternyata yang bermasalah bukan perangkat STBnya, melainkan kabel jack antena yang lepas / longgar.

Jadi jika Anda mengalami STB tidak bisa mencari channel, cobalah untuk memeriksa kondisi kabel atau jack antena apakah longgar, putus atau tidak. Agar lebih memastikannya lebih mudah, coba pasang set top box menggunakan antena lain.

3. Scan Ulang Siaran TV Digital


Setelah memastikan bahwa kabel antena sudah terpasang dan kondisinya baik-baik saja, kemungkinan masalah ini terjadi karena kesalahan sistem set top box yang mengharuskan Anda untuk memindai ulang kembali semua siarannya.

Scan ulang menjadi salah satu cara paling ampuh untuk mengatasi channel TV digital yang hilang atau tidak lengkap. Setiap model set top box memiliki cara berbeda untuk memindai ulang siaran TV. Sebagai contoh kami menggunakan set top box Tanaka T2 New untuk tutorial berikut:
  • Hidupkan TV dan STB.
  • Tekan tombol [Menu] diremot STB, lalu pilih [Pencarian].
  • Setelah itu isi lokasi, bahasa dan kode pos yang benar.
  • Kemudian arahkan ke opsi [Pencarian Otomatis] dan klik [OK] pada remot STB.
  • Tunggu proses scan ulang channel TV digital sampai selesai.

4. Pakai Antena Outdoor


Antena outdoor adalah pilihan yang tepat agar set top box bisa maksimal menangkap sinyal TV digital. Kenapa bisa begitu? alasannya sederhana, antena outdoor memiliki jangkauan yang lebih luas sehingga sinyal yang ditangkap cenderung lebih kuat dan stabil.

Jadi jika Anda masih menggunakan antena indoor, disarankan untuk beralih ke antena outdoor yang saat ini sudah tersedia banyak di Marketplace atau toko elektronik. Anda juga bisa melihat daftar rekomendasi antena outdoor terbaik disini:


5. Upgrade Software Set top Box


Ketika pertama kali membeli set top box, mungkin software yang digunakan masih versi lama dan harus segera diupdate. Pada beberapa model STB tertentu, mereka menyediakan file update secara otomatis selama set top box terhubung ke internet.

Atau Anda juga bisa mengunduh firmware STB sesuai tipe yang digunakan, lalu memindahkan firmware tersebut ke flashdisk yang nantinya diinstall ke set top box melalui metode Upgrade via USB. Berikut link firmware untuk beberapa merk set top box:

6. Reset Ulang Set top Box


Sudah mengikuti keempat cara diatas namun tidak berhasil? Tenang masih ada satu cara terakhir yang juga ampuh untuk mengatasi set top box tidak ada sinyal, yaitu dengan cara mereset ulang set top box ke pengaturan pabrik.

Terkadang masalah kenapa set top box tidak bisa mencari channel TV digital disebabkan karena malfungsi pada sistem STB. Anda bisa mencoba reset ulang STB ke pengaturan pabrik dan mulai mencari siaran TV digital dari awal lagi.

Lihat juga:
Tengku Khamzah Fauzi
Tengku Khamzah Fauzi I'm passionate about Tech, Electronics, How-to-Guides, and I'm thrilled to have you here.
Gabung Forum Teknisi Indonesia Sekarang! Klik Tombol "Gabung" untuk saling berbagi pengalaman dengan Teknisi Indonesia.