Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ternyata Ini Penyebab TV Gambarnya Setengah

Banyak yang belum menyadari penyebab tv gambarnya setengah, dalam beberapa kasus masalah kerusakan tv seperti ini sebenarnya bervariasi, gambar setengah tersebut juga bisa disertai dengan garis-garis dan juga bisa setengah kebawah atau ketas, dimana penyebab kerusakan pada tv tabung dan lcd berbeda beda.

Gambar hanya tampil setengah juga bisa terjadi pada semua merk tv baik itu lcd dan tabung seperti samsung, polytron, sanyo, sharp dan yang lainnya, namanya juga barang elektronik pasti dalam jangka waktu sebentar atau lama akan mengalami kerusakan, ada yang bisa diperbaiki dan ada juga tidak.


Pada kesempatan kali ini kami akan memberitahu kepada Anda dan pembaca lainnya mengenai penyebab tv gambarnya setengah dan cara untuk memperbaikinya agar Anda belajar mengenai elektronik, berikut ulasan lengkapnya:

Penyebab TV Gambarnya Setengah


penyebab tv gambarnya setengah

Dibawah ini kami akan membedakan menjadi dua versi yaitu pada tv tabung dan lcd atau led, karena pada dasarnya penyebabnya berbeda, mesin didalamnya pun sudah tidak sama walaupun kerusakannya sama yaitu masalah pada gambarnya.

Gambar Setengah Pada TV Tabung


Biasa pada tv tabung tampilan gambar bisa setengah bisa keatas dan kebawah, potongan gambar tersebut juga biasanya disertai dengan garis garis, walaupun berbeda beda kasus tetapi jika gambar terpotong tetap penyebabnya sama.

Langsung saja, kerusakan itu bisa terjadi karena tegangan supplay bagian vertikal tidak sampai kepada ic, terutama pada bagian (+), pada dasarnya supplay tegangan tersebut bersumber dari flyback tepatnya (-12) dan (+12) volt, yang mana tegangan tegangan vertikal tersebut di supplay dengan tegangan simetris, tetapi Anda bisa langsung mencoba mengganti dioda IN4007 dengan yang normal, agar lebih yakin Anda bisa mengukur dioda tersebut.

Baca artikel sebelumnya mengenai cara mengukur dioda.

Gambar Setengah Pada TV LCD


Kerusakan gambar pada tv led kemungkinan besar disebabkan karena IC COF tidak bekerja yang letaknya ada pada bagian samping panel lcd, jumlah ic ini ada 4 buah, jika salah satu atau semuanya tidak bekerja maka akan menimbulkan kerusakan pada gambar, hal ini terjadi karena jalur ic tersebut putus.

Itu berarti Anda harus segera menyambungkan kembali jalur yang putus, untuk mengetahui letak jalurnya Anda bisa membuka plastik pembungkus yang sudah terpasang pada sekeliling IC COF, dan Anda harus mengukur keempat IC tersebut sampai menemukan yang rusak dengan cara membandingkan tegangannya, jika ada yang berbeda dari yang lain berarti kemungkinan itu bagian yang rusak.

Untuk lebih jelasnya Anda bisa langsung menuju sumber https://duwiarsana.com/tv-led-gambar-hilang-sebagian/  karena kami juga mengukutip dari sumber tersebut.

Baca Juga:


Kesimpulannya ada beberapa penyebab tv gambarnya setengah yang bisa Anda ketahui dengan membaca artikel diatas yang sudah kami kutip dari beberapa sumber terpercaya, jangan lupa untuk membagikan artikel ini jika bermanfaat, terimakasih sudah berkunjung.
Gabung Forum Teknisi Indonesia Sekarang! Klik Tombol "Gabung" untuk saling berbagi pengalaman dengan Teknisi Indonesia.

close