Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mencari Channel SCTV di Set top Box TV Digital

Dialihkannya siaran analog ke digital membuat banyak orang perlu membeli set top box agar tetap bisa menonton siaran TV favorit. Tetapi muncul masalah baru dimana channel SCTV tidak ada di TV digital, sehingga Anda harus mencari channel SCTV di set top box dengan langkah-langkah yang benar.

Banyaknya channel TV digital yang ditangkap oleh set top box sebenarnya berbeda-beda tergantung daerah dan kualitas antena yang digunakan. Selain itu, model set top box juga berpengaruh dengan kemampuannya untuk menangkap sinyal digital. Beberapa pengguna set top box mengeluhkan siaran SCTV hilang di STB mereka.

Mungkin sebagian orang biasa saja walaupun tidak ada SCTV di TV digital, tetapi bagi mereka penggemar siaran TV lokal ini, tentu akan kebingungan dan segera mencari channel SCTV di set top box TV digital yang hilang.

Penyebab Siaran SCTV Tidak ada di TV Digital


cara mencari channel sctv di set top box

Ada beberapa alasan kenapa set top box Anda tidak bisa menangkap channel SCTV. Penyebab utamanya adalah karena lokasi yang jauh dari pemancar sinyal, sehingga sangat minim sekali frekuensi channel TV lokal yang didapatkan oleh set top box.

Saat ini memang perkembangan sinyal digital belum sempurna, masih banyak daerah pedalaman yang sangat sulit mendapatkan banyak channel TV digital, bahkan ada yang tidak mendapatkan siaran sama sekali.

Ini sama kasusnya seperti channel SCTV hilang di TV digital, yang perlu diperhatikan untuk mengatasinya adalah pastikan Anda menggunakan antena outdoor, bukan indoor. Apalagi wilayah Anda tergolong jauh dari perkotaan.

Selain itu, disarankan juga untuk mengatur posisi antena lebih tinggi agar frekuensi yang didapatkan bisa lebih maksimal. Anda juga perlu mengubah posisi antena ke arah pemancar sinyal terdekat. Agar lebih mudah, coba gunakan aplikasi SinyalTV Digital di Playstore untuk mngetahui posisi pemancar sinyal dilokasi Anda.

Cara Mencari Channel SCTV di Set top Box TV Digital



1. Memindai Ulang Siaran TV Digital


Cara paling ampuh untuk mengatasi masalah ini adalah dengan memindai ulang siaran set top box. Tetapi sebelum itu, pastikan Anda juga sudah memperhatikan poin-poin agar penangkapan sinyal set top box lebih maksimal.

Sebagai contoh, pada tutorial dibawah ini kami menggunakan set top box Matrix Apple HD untuk memindai ulang siaran TV digital. Anda bisa mengikuti langkah ini untuk merk set top box lainnya:
  • Hubungkan STB ke TV.
  • Colokkan jack antena ke STB.
  • Nyalakan set top box dan TV.
  • Tekan tombol [Menu] pada remote STB lalu pilih [Search].
  • Pada bagian Search Mode pilih [DVB-T2], Search Type [All], Country/Region [Indonesia], Antena Power [On].
  • Kemudian pilih [Auto Search] dan tekan [OK] diremote STB.
  • Tunggu sampai proses scan ulang siaran TV digital selesai.

2. Menggunakan Antena Outdoor


Salah satu alasan kenapa channel TV digital sedikit adalah karena masih menggunakan antena indoor / dalam yang memiliki kemampuan penangkapan sinyal digital lebih rendah dibandingkan antena outdoor.

Untuk pengguna set top box memang sangat disarankan menggunakan antena outdoor / luar ruangan agar channel yang didapatkan lebih banyak dan sinyalnya stabil. Sudah tersedia berbagai model antena outdoor yang bisa Anda temukan di marketplace atau toko elektronik sekitar.

3. Perhatikan Posisi Antena


Menggunakan antena outdoor saja belum cukup, Anda juga harus memperhatikan posisi antena ke arah yang benar agar kekuatan sinyal digital yang didapatkan bisa semaksimal mungkin. Cara paling mudah adalah ikuti arah antena orang lain yang mendapatkan banyak siaran TV digital.

4. Atur Letak Antena Lebih Tinggi


Bagaimana jika channel SCTV tetap tidak ada di set top box? mungkin letak antena kurang tinggi sehingga banyak halangan yang menyebabkan sinyal digital menjadi lemah, jadi pastikan posisi antena outdoor Anda tidak terlalu rendah.

5. Cabut Dongle Wifi Set top Box


Ada beberapa merk set top box yang hilang siarannya ketika dongle wifi dipasang, kemungkinan dongle wifi tersebut kurang cocok atau memang ada masalah hardware pada set top boxnya.

Jika Anda menggunakan dongle wifi, cobalah cabut alat tersebut kemudian scan ulang siaran TV digital. Apabila berhasil mendapatkan channel SCTV dan siaran lainnya, berarti masalahnya ada pada dongle wifi / set top box yang error.

6. Reset Ulang Set top Box


Kami pernah mendapatkan kasus dimana set top box tidak mendapatkan siaran sama sekali, padahal sudah dipindai ulang namun tidak ada perubahan apapun. Setelah ditelusuri, ternyata masalah ini disebabkan karena software set top box yang error.

Jadi, jika Anda sudah mengikuti langkah-langkah diatas namun siaran SCTV tidak ada di TV digital, tidak ada salahnya untuk mereset ulang set top box ke pengaturan pabrik. Setiap model set top box memiliki cara yang berbeda untuk melakukan reset pabrik ini.

Itulah 6 cara mencari channel SCTV di set top box TV digital DVB-T2, cara diatas bisa Anda terapkan untuk mencari siaran TV digital lainnya yang hilang disemua merk set top box. Apabila ada pertanyaan terkait topik ini, tinggalkan pada kolom komentar.

Lihat juga:
Gabung Forum Teknisi Indonesia Sekarang! Klik Tombol "Gabung" untuk saling berbagi pengalaman dengan Teknisi Indonesia.

4 komentar untuk "Cara Mencari Channel SCTV di Set top Box TV Digital"

  1. Susah pake stb tanaka
    Mungkin daerah jg jauh dari pemancar chanel tv

    BalasHapus
  2. apakah setobok Evercross ada sinyal sctv

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ada, tapi di beberapa daerah mungkin sulit untuk dapat siaran SCTV.

      Hapus
  3. Ditempat saya menggunakan cara diatas masih belum bisa pak... Solusinya gimana ya? Karena sudah mahal2 beli stb

    BalasHapus

close